5 Alasan Mengapa Xiaomi Poco X3 Pro Adalah Smartphone Gaming Termurah

Hadir melalui versi terbaru bernama Poco X3 Pro, sepertinya Xiaomi telah membawa segudang perbedaan pada versi ini dibandingkan dengan versi sebelumnya. Jika pada versi Poco X3 NFC mereka masih menanamkan Snapdragon 732G sebagai chipsetnya, kini Poco X3 Pro mengalami upgrade yang signifikan karena sudah menggunakan Snapdragon 860 sebagai dapur pacunya. Perubahan ini tentu membuat banyak pengguna merasa tertarik dengan Poco X3 Pro, karena selain spesifikasi yang garang, ternyata harga gadget milik Xiaomi ini masih berada pada range menengah ke atas loh. Berita gadget terbaru kali ini akan mengulas lebih jauh mengenai Poco X3 Pro, yang diklaim mampu menjawab semua keinginan pengguna.

Rilis pada Maret 2021, Poco X3 Pro memiliki dimensi body berukuran 165.3 x 76.8 x 9.4 mm serta memiliki berat sekitar 215 gram saja. Pada bagian depan, Xiaomi mempercayakan Gorilla Glass 6 sebagai pelindung, sedangkan untuk bagian belakang Poco X3 Pro masih menggunakan plastik sebagai penutup. Mengusung Hybrid dual SIM, gadget ini membebaskan pengguna untuk memilih menggunakan dual nano SIM, atau mengganti salah satunya dengan MicroSDXC guna menyokong penyimpanan internal yang telah disediakan oleh Xiaomi.

Untuk layar, Poco X3 Pro memiliki ukuran sebesar 6.67 inch dan resolusi sebesar 1080 x 2400 pixels dengan rasio 20:9. Ukuran ini tentu dimaksudkan untuk membuat pengguna merasa lebih lega karena bisa memutar video atau memainkan game dengan resolusi layar yang maksimal. Xiaomi juga melengkapi Poco X3 Pro dengan perlindungan layar Corning Gorilla Glass 6 yang membuat tampilan jadi lebih jernih dan tahan gores.

Operating System Android 11 serta tatap muka pengguna MIUI 12.5 yang memang dibuat khusus untuk seri POCO akan membuat pengguna lebih dimanjakan lagi. Chipset Snapdragon 860 dengan kemampuan Octa Core, serta GPU Adreno 640 sudah lebih dari cukup untuk melibas game-game seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Free Fire, LOL Wild Rift, dan masih banyak lagi. Tentunya hal ini juga didukung dengan ketersediaan RAM pada Poco X3 Pro yaitu 6GB RAM untuk versi paling rendah, dan 8GB RAM untuk versi paling tinggi.

Pada main camera, Xiaomi memilih 48MP Wide sebagai kamera utama, ditemani oleh 8MP Ultrawide, 2MP Macro, dan 2MP Depth yang memiliki fitur berupa Dual-LED Flash, Panorama, serta HDR dan mampu menangkap video pada resolusi 4K pada kecepatan 30Fps, 1080p pada 30/60/120/240Fps, dan 1080p pada 240Fps. Sedangkan pada selfie camera, Poco X3 Pro menyediakan 20MP Wide dengan fitur Panorama dan HDR yang mampu menangkap video pada resolusi 1080p pada kecepatan 30Fps. Fitur-fitur tersebut tentu menjadi nilai tambah tersendiri bagi pengguna, karena seri Poco sudah terkenal lebih dulu sebab kemampuannya menghandle game-game HD.

Untuk baterai, Poco X3 Pro menggunakan Li-Po 5160 mAh non-removable yang diklaim mampu mengisi daya secara cepat yaitu 59% dalam 30 menit, dan 100% dalam 59 menit. Sudah pasti banyak pengguna yang akan tertarik dengan kemampuan milik Poco X3 Pro. Karena selain garang, ternyata gadget ini juga memiliki fitur fast charging 33W didalamnya.

Terakhir, Xiaomi memberikan berbagai variasi warna yang dapat pengguna pilih seperti Phantom Black, Frost Blue, dan juga Metal Bronze. Dengan harga berkisar 3,5 juta untuk versi RAM 6GB penyimpanan internal sebesar 128GB, dan 4 juta untuk versi RAM 8GB memori internal 256GB, tentu Poco X3 Pro layak disebut sebagai pembunuh jajaran Smartphone Mid Level.