https://lh4.googleusercontent.com/7HFvC6rdoHJS_-1JmgCL6sFcp9rHTtg4MInfjeyh2bxB3wPXvvdHmR6XDETA-0mgCU_ZmO_LBkgICWyvRQJI26GMnT_Nu73s96iEsEV14Hne4K05Dmutnv1HAp-09GPimZ2JWtj2

Selain mengubah rutinitas dan aktivitas banyak orang, pandemi Covid-19 juga membuat kita untuk mau tidak mau mencari kegiatan lain yang bermanfaat dan bisa mengusir kebosanan selama di rumah aja. Kalau enggak, kepala bisa jadi pusing rasanya. Udah harus belajar atau kerja seharian dari rumah, bersih-bersih, mengurus rumah tangga, masak, dan nggak bisa keluar atau sosialisasi dengan orang lain. 

Meski saat ini sudah era normal baru, nyatanya kasus positif Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat dan mencapai lebih dari 1.000 orang positif setiap harinya. Maka dari itulah, kita masih sangat perlu berhati-hati dan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku jika terpaksa sudah harus beraktivitas di luar rumah. Supaya lebih amannya lagi, jangan dulu keluar rumah meski mal, restoran, dan tempat hangout rata-rata sudah banyak yang dibuka. 

Nggak perlu bingung, sebab meski di rumah, kita bisa mencoba 5 jenis aktivitas seru berikut. Siapa tahu bisa jadi hobi seperti kebanyakan orang. Syukur-syukur seterusnya dan bisa jadi lahan bisnis lho!

Memasak

Dikutip dari Thekitchn.com, Pinterest mengumpulkan data pencarian pengunjungnya mengenai resep masakan paling banyak dicari dan disimpan di tengah masa karantina pandemi 3 bulan lalu atau sekitar bulan April 2020. Bukan cuma pencarian resep yang meningkat, namun setiap negara juga memiliki resep favoritnya masing-masing. Contohnya, Spanyol dengan resep churros dan burnt cream; Turki dengan resep banana bread dan olahan granola; dan Indonesia dengan resep abon sapi dan donat kentang. 

Dapur mungkin memang jadi bagian di rumah yang paling sibuk selama masa karantina dan pandemi. Dari yang biasa jajan di luar, sekarang jadi terbiasa bikin karena harus berhemat pengeluaran. Namun, positifnya, ini juga bikin orang jadi makin kreatif. Nggak jarang, karena lama berkreasi di dapur saat pandemi, bisa berujung jadi peluang bisnis. Selain bisa mengenyangkan perut, memasak juga bisa menjadi terapi. Contohnya baking atau membuat kue. 

Berkebun atau menanam pohon

Selain memasak, banyak juga orang yang menghabiskan momen karantina atau di rumah aja selama pandemi untuk menanam pohon, tanaman, dan aneka bunga di rumah. Yang punya sedikit lahan, memanfaatkannya untuk berkebun. Apalagi sekarang, beraneka ragam bibit tanaman, pot, dan berbagai peralatan tanam dan berkebun sudah banyak dijual online di e-commerce dengan harga murah. Tinggal pesan lalu bisa dikirim ke rumah. 

Ditambah, saat ini cara menanam dan berkebun sudah bisa dengan mudah dicari dan belajar dari blog maupun Youtube. Bukan cuma bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan, menanam pohon dan tanaman di rumah juga bisa membantu berhemat pengeluaran jika ditekuni. Contohnya: tanaman cabai, tomat, bawang. Hitung-hitung bisa dipakai sendiri dan membantu hemat pengeluaran dapur lho. 

Kerajinan tangan

Dulu, kerajinan tangan identik dengan anak-anak atau orang yang berbakat aja. Tapi sekarang, kerajinan tangan juga jadi salah satu hobi yang menarik buat dikulik orang dewasa selama pandemi. Alih-alih menghabiskan waktu seharian di depan layar buat kerja, nonton film, atau main smartphone, menjahit, melukis, menyulam, menggambar, atau mengubah bahan-bahan bekas di rumah menjadi barang yang bisa digunakan kembali bisa membantu pikiran dan fisik menjadi lebih sehat karena ada variasi aktivitas. 

Berolahraga

Meski nggak bisa ke gym atau lokasi olahraga biasanya, namun aktivitas fisik wajib dilakukan selama masa pandemi agar menjaga tubuh tetap sehat. Olahraga sangat bisa dilakukan dari rumah dan dimulai dari yang ringan, mulai dari bersih-bersih rumah rutin tiap pagi, main tali skipping, dumbel, naik turun tangga, sampai yoga. Sekarang pun tutorial berolahraga banyak di-share gratis di Youtube dan Instagram. Tinggal pilih yang sesuai preferensi, lalu ikuti. Bisa hemat biaya gym atau kelas olahraga juga lho!

Proyek DIY (Do It Yourself)

Nggak kalah seru dari kerajinan tangan, membuat proyek DIY sendiri juga bisa menjadi hobi yang ditekuni selama pandemi. Apalagi kalau kita orang yang suka bereksperimen dengan banyak bahan. Misalnya: bikin rumah-rumahan boneka dari kardus bekas untuk anak; membuat botol bekas shampo jadi pot tanaman mini; atau mendekorasi ulang kamar dan ruangan kerja sesuai selera.

Cicilan barang dan produk untuk mendukung hobi, bisa tanpa kartu kredit lho!

Mau beli alat masak, berkebun, atau olahraga? Supaya cashflow lebih ringan selama pandemi, ada fitur cicilan tanpa kredit dari Kredivo yang bisa kita gunakan untuk mencicil barang yang dibutuhkan. Kalau udah jadi pengguna Kredivo, kita bisa transaksi cicilan barang di ratusan merchant mitra Kredivo. Contohnya: Lazada, Bukalapak, Tokopedia, JD.id, Electronic City, IKEA, dan masih banyak lagi. Bahkan, Kredivo juga bisa digunakan di McDonalds lho. 

Caranya gimana? Kita harus daftar akun dulu di Kredivo dengan tiga syarat berikut: 

  1. Berstatus sebagai WNI dengan rentang usia 18 – 60 tahun. 
  2. Berpenghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Setelah itu, download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, klik daftar dan pilih akun: Basic atau Premium. Perbedaan akun Basic dan Premium ada di jumlah maksimal limit yang bisa didapat dan fasilitas kredit yang bisa dinikmati. Jika daftar sebagai akun Basic, maksimal limit yang bisa didapat adalah Rp 3 juta, sedangkan untuk akun Premium, kita berpeluang mendapat limit yang lebih besar maksimal s.d Rp 30 juta. Kalau tujuannya mau cicilan, maka kita wajib daftar sebagai akun Premium sebab cuma akun Premium yang bisa menikmati fasilitas ini. 

Nggak kalah dengan kartu kredit, suku bunga cicilan di Kredivo juga ciamik! Cuma 2,6% per bulan buat cicilan dengan minimum transaksi Rp 1 juta, tanpa uang muka, dan pilihan tenor 3, 6, atau 12 bulan. Kita juga bisa cek di fitur kalkulator cicilan yang ada di aplikasi Kredivo kalau mau tau simulasi cicilan dari produk yang kita beli. 

Contoh: mau beli oven listrik merek Sharp R-21 DO di Blibli seharga Rp1.740.000 dan mengambil tenor 6 bulan. Kalau cicilan pakai Kredivo, maka angsuran per bulan yang harus dibayar adalah Rp335.240 termasuk bunga 2,6%. Kalau ditotal selama 6 bulan, maka jumlahnya menjadi Rp2.011.440. Gimana, tertarik coba?